Applus+ adalah pemimpin global dalam sektor pengujian, inspeksi, dan sertifikasi. Sebagai mitra terpercaya, Applus+ meningkatkan kualitas dan keamanan aset serta infrastruktur kliennya, sambil menjaga kelangsungan operasional dan kinerja lingkungan mereka. Dengan lebih dari 25.000 karyawan yang terampil dan termotivasi, Applus+ memastikan keunggulan operasional di berbagai sektor di lebih dari 65 negara. Perusahaan ini dikenal karena pendekatan inovatif, kemampuan teknis, serta komitmen terhadap pengembangan teknologi, digitalisasi, dan inovasi, sambil memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan terkini.
Di Indonesia, PT Applus Energi dan Industri merupakan salah satu penyedia tenaga kerja untuk PT Freeport Indonesia – Smelter.
Applus+ menyediakan berbagai layanan di Indonesia, termasuk:
- Inspeksi industri dan lingkungan
- Bantuan teknis
- Pengujian non-destruktif (NDT)
- Penyediaan tenaga teknis
Applus+ juga dipercaya untuk layanan di bidang proving ground, desain, rekayasa, pengujian, konsultasi, dan homologasi. Komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi memastikan bahwa Applus+ tetap menjadi mitra terpercaya bagi klien di berbagai industri.
Deskripsi Pekerjaan
- Division : Business Process, Smelting & Refining – Human Resource
- Position Title : Business Support Administrator
- Work Location : Gresik, East Java
- Employment Type : 12-month contract based with possibility extension
Berperan sebagai HR Business partner dari semua department dalam melakukan tugas administratif perihal data kehadiran (timesheet) karyawan yang meliputi penanganan korespondensi, penarikan dan entri data kehadiran, pengecekan, dan tugas administrasi serupa yang mungkin diperlukan guna memastikan proses rekapitulasi data kehadiran karyawan untuk keperluan penggajian (payroll), pembayaran lembur (overtime) dan insentif karyawan berjalan sesuai standar yang ditetapkan, Posisi ini adalah kontrak kerja dengan masa berlaku 1 tahun.
Tugas dan Tanggung Jawab
- Berperan sebagai korespondensi perihal administrasi data kehadiran karyawan di seluruh Departemen.
- Mengelola dan memastikan keakuratan data administrasi kehadiran karyawan (timesheet) guna kelancaran proses penggajian bulanan (payroll), lembur, dan insentif.
- Melakukan verifikasi informasi/data perubahan dan pembaharuan yang diterima dari maupun ke PIC Departemen, terutama jika ada status yang memerlukan tindakan lebih lanjut.
- Berkoordinasi dengan tim Payroll untuk memproses penggajian, lembur, dan insentif karyawan sesuai standar yang ditetapkan.
- Melaksanakan tugas dukungan administratif lain yang ditugaskan oleh HR Business Partner.
Tantangan
- Kolaborasi: Kemampuan untuk berkolaborasi dengan tim internal maupun pihak-pihak yang terkait.
- Service Level Agreements: Memastikan data kehadiran (timesheet), lembur (overtime) dan insentif dilaporkan tepat waktu sesuai waktu cut-off.
- Kepatuhan: Memastikan data kehadiran (timesheet), lembur (overtime), dan insentif akurat serta sesuai dengan kondisi aktual dan profesional.
- Prioritas Pekerjaan: Mengelola pekerjaan berdasarkan skala prioritas dan memastikan pekerjaan terselesaikan efektif, efisien, dan tepat waktu.
Persyaratan Minimal
- Minimum S1 atau Diploma 3 manajemen/akuntansi dengan latar belakang yang relevan.
- Minimum 1-2 tahun pengalaman dalam penanganan manajemen timesheet karyawan.
- Bersedia bekerja dalam shift.
Skill
- Kemampuan dalam pengelolaan kerja yang baik dan detail.
- Kemampuan dalam mengelola data menggunakan aplikasi pendukung (Microsoft Excel dan sejenisnya).
- Komunikasi dan keterampilan interpersonal yang baik.
- Kolaborasi dan kemampuan bekerja dalam tim.
Area utama tanggung jawab pengambilan keputusan
Kontrol Dokumen: Memastikan dokumen-dokumen terkait dengan administrasi timesheet tersimpan dan dikelola dengan baik.
Layanan: Mengupayakan pelaporan data secara maksimal dengan komplain yang minimal.